STRATEGI PEMASARAN UMKM GULA MERAH SEBAGAI WUJUD EKONOMI KREATIF DESA PAYA LOMBANG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Authors

  • Rakhmawati Purba Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Haya Haratika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

DOI:

https://doi.org/10.70021/csp.v1i1.12

Keywords:

Pemasaran, UMKM, Gula Merah, Industri Kreatif

Abstract

Pemasarannya merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam dunia bisnis, tanpa adanya pemasaran yang baik maka sebaik apapun produk yang kita hasilnya tidak akan terserap oleh pasar secara maksimal. Tujuan dari Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini sendiri adalah untuk mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) serta industri kreatif pada masayarakat Desa Paya Lombang Kabupaten Serdang Bedagai. Khususnya pada produk unggulan desa yaitu produk gula merah melalui pelatihan online marketing. Metode yang dilakukan dengan cara melalukan mengamatan, observasi serta wawancara kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Desa Paya Lombang, Kabupaten Serdang Bedagai. Bahan baku utama pembuatan gula merah di Desa Paya Lombang, Dusun VII, diambil dari pohon aren melalui penyadapan. Air nira harus disaring sebelum dimasak, dan ditambahkan gula putih selama proses pemasakan. Berikutnya gula merah akan mengalami pemekatan/getah yang hampir menghasilkan gula selanjutnya akan dilakukan proses pencetakan, selesai dicetak maka gula merah dibiarkan untuk beberapa waktu sebagai prosespendinginan, setelah proses telah dilakukan makagula merahsiap untuk didistribusikan.Gula merah hemdaknya diberikemasan yang higienis dan lebih menarik dari produk lain serta dengan kualitas dan produk yang lebih baik kualitas. Selanjutnya untuk memaksimalakan hasil penjualan diperlukan media internet agar produk dapat dikenal luas oleh banyak orang dan dapat bersaing serta memiliki pangsa pasar yang meluas.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Purba, R., & Haratika, H. (2022). STRATEGI PEMASARAN UMKM GULA MERAH SEBAGAI WUJUD EKONOMI KREATIF DESA PAYA LOMBANG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Community Service Progress, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.70021/csp.v1i1.12