Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 di SDN 10 Suka Maju dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa

Authors

  • Dwi Handayani Silitonga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Diana Butar-butar Universitas Efarina

DOI:

https://doi.org/10.70021/csp.v2i1.57

Keywords:

Kampus Mengajar, Kompetensi Siswa, Peran Mahasiswa, Pendidikan Dasar

Abstract

Kegiatan Kampus Mengajar merupakan kegiatan membantu Bapak/Ibu guru dalam mengajar peserta didik tingkat sekolah dasar untuk mendapatkan kesempatan belajar optimal. Selain itu, melalui program ini mahasiswa diharapkan dapat mengupayakan pemerataan pendidikan di Indonesia, mengembangkan kemampuan mengajar serta mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus. Salah satu sekolah yang menjadi sekolah sasaran Program Kampus Mengajar angkatan 4 tahun 2022 adalah SD Negeri 10 Suka Maju. Peran dan keikutsertaan program Kampus Mengajar dibutuhkan sebagai pendamping peserta didik atau rekan para guru dalam mengatasi situasi kurang efektifnya kegiatan belajar terhadap dampak masa pandemic Covid-19. Tujuan dari program ini adalah untuk peningkatan literasi dan numerasi; adaptasi teknologi; dan membantu administrasi sekolah. Beberapa metode tahapan dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar ini yaitu melalui tahap persiapan program, tahap pelaksanaan, dan analisis hasil dalam bentuk laporan. Pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 4 di SD Negeri 10 Suka Maju secara keseluruhan berlangsung dengan lancar sehingga diharapkan program ini dapat terus berkelanjutan agar dapat membantu meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia baik terhadap mahasiswa maupun peserta didik di tingkat Pendidikan dasar.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Silitonga, D. H., & Butar-butar, D. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 di SDN 10 Suka Maju dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa. Community Service Progress, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.70021/csp.v2i1.57