Pemanfaatan Teknologi Untuk Mempertahankan Penjualan Pada UMKM Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.70021/csp.v1i1.7Keywords:
UMKM, Strategi Pemasaran, Platform DigitalAbstract
Sebagaimana dengan wilayah lain yang mengalami dampak dari pandemic Covid 19, masyarakat yang berada di kelurahan Pelita juga turut merasakan terjadinya penurunan pendapatan dari kegiatan usaha yang mereka lakukan. Terutama bagi masyarakat yang memiliki usaha mikro, banyak dari mereka yang turut merasakan bahwa selama tahub 2022 pendapatan yang mereka peroleh tidak sebesar dari pendapatan yang mereka pernah raih ditahun-tahun sebelumnya. Hal ini dapat terjadi mengingat selama pandemi banyak masyarakat yang mengurangi konsumsi atas barang dan jasa akibat permasalahan peraturan pembatasan aktivitas dan maupun akibat penurunan daya beli. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada para pelaku UMKM terutama dalam hal penerapan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi pandemic Covid. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian yang digunakan adalah dengan memberikan penyuluhan kepada para pelaku UMKM agar dapat meningkatkan keahlian dalam memasarkan hasil usaha/produksi pada masa pandemi Covid. Kegiatan enyuluhan bertujuan agar para pelaku UMKM dapat mengetahui mengenai strategi pemasaran untuk UMKM melalui Platform digital dan cara menerapkannya.
						
							





