Strategi Pemasaran Pada Usaha Pengrajin Batik Di Kelurahan Damar Sari

Authors

  • Christin Sianipar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Yenni Sinurat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Rika Zalukhu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

DOI:

https://doi.org/10.70021/csp.v1i1.9

Keywords:

Strategi Pemasaran, Batik, UMKM

Abstract

Batik merupakan salah satu kesenian khas dari Indonesia yang telah ada sejak berabad-abad tahun yang lalu. Setiap motif pada batik memiliki filosofi tersendiri sehingga dapat dikatakan batik merupakan warisan budaya leluhur yang perlu dilestarikan serta merupakan bukti peninggalan sejarah budaya bangsa Indonesia.Penggunaan batik bagi masyarakat Indonesia merupakan cerminan jati diri masyarakat. Setiap motif batik berbeda-beda ditiap daerah dan biasanya mencerminkan budaya ataupun ciri khas daerah asalnya. Pengrajin batik di kelurahan Damar Sari kota Tebing tinggi bernaung dalam satu wadah yang Bernama Tebing batik Collection. Sama seperti daerah lain di Indonesia Tebing Batik Collection juga memiliki motif tersendiri sesuai ciri khas daerahnya namun saat ini belum ditetapkan motif mana yang utama yang menjadi ciri khas. Selain itu upaya promosi yang dilakukan masih dirasa kurang maksimal terutama dalam hal display produk di social media. Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk dapat memberikan sosialisasimengenai strategipemasaran dalamberwirausaha khusunya bagi para pengrajin Batik di kelurahan Damar Sari kota Tebing Tinggi. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan kepada para pengrajin batik yang bernaung padaTebing Batik Collection.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Sianipar, C., Sinurat, Y., & Zalukhu, R. (2022). Strategi Pemasaran Pada Usaha Pengrajin Batik Di Kelurahan Damar Sari . Community Service Progress, 1(1), 13–17. https://doi.org/10.70021/csp.v1i1.9