Pengaruh Rating Produk Dan Review Produk Terhadap Minat Beli Ditiktok Shop Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening

Studi Kasus Mahasiswa Semester 8 STIE Bina Karya Tebing Tinggi

Authors

  • Suwadi Suwadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Nadia Ananda Filza Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Raihan Anggi Fazillahi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

DOI:

https://doi.org/10.70021/dbp.v4i1.213

Keywords:

Product Ratings, Product Reviews, Purchase Interest, Consumer Trust

Abstract

This research aims to determine the influence of Product Ratings and Product Reviews on Purchase Interest in Ditiktok Shop with Consumer Trust as an Intervening Variable (Case Study of Semester 8 Students of Bina Karya Tebing Tinggi). The research method used is a quantitative method using SPSS assistance collected from the results of distribution questionnaire totaling 73 respondents. The analytical method used for Measurement Evaluation (Outer Model) is Validity Test and Reliability Test. Then the Structural Model (Inner Model) method is the Determination Coefficient (R2), Goodness of Fit Model (GoF), T-Statistic Test and Indirect Effect Test. The analysis tool in this research uses SPSS Version 25. The results of this research are that product reviews influence consumer confidence, product reviews influence consumer confidence, product ratings influence purchasing interest, product reviews influence purchasing interest, consumer trust influences purchasing interest. , Product ratings can mediate the influence of purchasing interest on consumer confidence and product reviews do not mediate the influence of purchasing interest on consumer confidence.

References

Farida, Y., Lamsah, & periyadi. (2019). Buku Manajemen Pemasaran. CV. Budi Utama.

Gemilang, W. C., & Laily, N. (2022). Pengaruh Rating Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Pada Lazada Melalui Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(06), 1–17.

Ghozali. (2016a). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016b). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan Ke 8, Penerbit : Universitas Diponegoro, Semarang.

Harli, I. I., Mutasowifin, A., & Andrianto, M. S. (2021). Pengaruh Online Consumer Review dan Rating terhadap Minat Beli Produk Kesehatan pada E-Marketplace Shopee Selama Masa Pandemi COVID-19. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 558–572. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.205

Istiqomah, L., & Usman, U. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai …. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan …, 1(1), 76–88.

Mardiayanti, M., & Andriana, A. N. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk serta Review Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 1091–1109. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.560

Mawa, S. F., & Cahyadi, I. F. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2017). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 253. https://doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.11901

Megawati. (2023). Pengaruh Word of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Mebel Di Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 414–416.

Mudzakir, S. (2022). pengaruh content marketing dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli pada tiktok shop. Journal of Economic Perspectives, 2(1), 1–4.

Nabila, S. mariah. (2019). Pengaruh review produk dan brand awareness terhadap trust dan minat beli:studi kasus review flow fushi ion de cushion oleh allyssa hawadi melalui instagram. 1–154.

Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853

Rima Aini, Sri ahayu Tri Astuti, D. (2022). Pengaruh Electronic Word-Of Mouth Dan Rating Konsumen Di Situs Female Daily Terhadap Minat Beli Produk Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Female Daily di Kota Semarang) Dewima. Ournal, Diponegoro Management, O F, 11(6), 1–12.

Risma, O. :, Munte, N., Girsang, R., & Safitri, A. (2020). Pengaruh Online Consumer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Marketplace Shopee. Jurnal Education and Development, 8(3), 187–192.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Penerbit : Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); edisi 2). Alfabeta.

Tiara ramadhani, ddk. (2021). PENGARUH RATING DAN ONLINE CONSUMER ( Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan. 2(2), 155–174.

Widya, C. A., & Riptiono, S. (2019). Pengaruh Online Consumer Review Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Consumer Trust Sebagai Intervening (Studi Pada Pengguna Instagram Di 1 Kecamatan Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 1(1), 76–84. https://doi.org/10.32639/jimmba.v1i1.392

Yulia, farida, Lamsah, & Periyadi. (2019). BUKU MANAJEMEN PEMASARAN_compressed.pdf (Issue April, p. 79).

Yusri, A. Z. dan D. (2020). Buku Pedoman Manajemen Pemasaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Suwadi, S., Filza, N. A., & Fazillahi, R. A. (2025). Pengaruh Rating Produk Dan Review Produk Terhadap Minat Beli Ditiktok Shop Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening : Studi Kasus Mahasiswa Semester 8 STIE Bina Karya Tebing Tinggi. Digital Business Progress, 4(1), 27–42. https://doi.org/10.70021/dbp.v4i1.213