PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SARANG KOPI DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAIVARIABEL MEDIASI

Studi Kasus Followers Akun Instagram @KopiSarang

Authors

  • Natasya Aprilia STIE Bina Karya

DOI:

https://doi.org/10.70021/dbp.v1i2.33

Keywords:

Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian, Kepercayaan Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sarang Kopi Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Followers Akun Instagram @Kopisarang). Pengaruh yang ingin diketahui adalah pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 93 orang responden pelanggan coffeshop Sarang kopi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan bantuan software SmartPLS versi 3.0. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji Hipotesis (Uji t) dan Inderect Effect (Pengaruh Tidak Langsung) untuk menguji variabel Intervening, peneliti menggunakan Path Coefficients  untuk pengujian hipotesis secara langsung dengan menghasilkan kesimpulan bahwa hipotesis 1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Electronic Word Of Mouth (X1) terhadap Kepercayaan Merek (Z), hipotesis 2 ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kualitas Produk (X2) terhadap Kepercayaan Merek (Z), hipotesis 3 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Electronic Word Of Mouth (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y), hipotesis 4 ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh antara Kualitas Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y), hipotesis 5 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kepercayaan Merek (Z) terhadap Keputusan Pembelian (Y), kemudian uji Inderect Effect (Pengaruh Tidak Langsung)  dimana hipotesis 6 diterima, artinya terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan Electronic Word Of Mouth (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) melalui Kepercayaan Merek (Z) Produk Sarang kopi, hipotesis 7 ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan Kualitas Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) melalui Kepercayaan Merek (Z) Produk Sarang kopi.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Aprilia, N. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SARANG KOPI DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAIVARIABEL MEDIASI: Studi Kasus Followers Akun Instagram @KopiSarang. Digital Business Progress, 1(2), 68–76. https://doi.org/10.70021/dbp.v1i2.33