PENGARUH DAYA TARIK ENDORSER, MEDIA IKLAN, DAN POTONGAN HARGA TERHADAP MINAT BELI DI SHOPEE
Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Stie Bina Karya Tebing Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.70021/dbp.v1i2.34Keywords:
Daya Tarik Endorser, Media Iklan, Potongan Harga, Minat BeliAbstract
Penelitian ini mencoba untuk menjawab tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui bagaimana daya tarik endorser, media iklan, dan potongan harga terhadap minat beli di shopee. Y = a + b1X1 + b2X2 +b3X3+ɛ , sehingga diperoleh persamaan : Y = 3.533+ 0,318X1 + 0,112X2+0,301X3 Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hipotesis pertama yang diajukan menyatakan bahwa : daya tarik endorser berpengaruh terhadap minat beli, dari tabel 4.12 diperoleh nilai thitung sebesar 3,340 dengan α = 5% ttabel (5%; 65-3 = 62) diperoleh nilai ttabel sebesar 1,999. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa thitung (3,340) < ttabel (1,999), demikian pula dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis pertama diterima, artinya Variabel daya tarik endorser (X1) berpengaruh terhadap Variabel minat beli (Y). Hipotesis kedua yang diajukan menyatakan bahwa : media iklan tidak berpengaruh terhadap minat beli, dari tabel 4.12 diperoleh nilai thitung sebesar 1,235 dengan α = 5% ttabel (5%; 65-3 = 62) diperoleh nilai ttabel sebesar 1,235. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa thitung (1,235) < ttabel (1,999), demikian pula dengan nilai signifikan sebesar 0,221 > 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis kedua ditolak, artinya Variabel media iklan (X2) tidak berpengaruh minat beli (Y). Hipotesis ketiga yang diajukan menyatakan bahwa : potongan harga berpengaruh terhadap minat beli, dari tabel 4.12 diperoleh nilai thitung 4,091 sebesar dengan α = 5% ttabel (5%; 65-3 = 62) diperoleh nilai ttabel sebesar1,999. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa thitung (4,091) > ttabel (1,999), demikian pula dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis ketiga diterima, artinya Variabel potongan harga (X3) berpengaruh terhadap minat beli (Y). Maka dapat disimpulkan Variabel potongan Harga (X3) yang paling dominan berpengaruh oleh konsumen sebagai alasan dalam memilih shopee dengan diperoleh nilai thitung sebesar 4,091 Dengan α = 5%, ttabel (5%; 65-3 = 62) diperoleh nilai ttabel sebesar 1,999 Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa thitung (4,091) > ttabel (1,999), dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05.





