Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone

Studi Kasus Pada Pelanggan Toko Fdstore Kota Tebing Tinggi

Authors

  • Suwadi Suwadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Benhard Nainggolan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

DOI:

https://doi.org/10.70021/mbp.v3i1.151

Keywords:

Product Quality, Brand Image, Product Design, Pirchasing Decisions

Abstract

This research aims to determine the influence of product quality, brand image and product design on iPhone purchasing decisions (case study of customers of the Fdstore store in Tebing Tinggi City). The research method used is the Quantitative Method using SPSS version 25.00. The technique for determining the sample size used sampling. The total number was 56 respondents, namely consumers who bought iPhones at the Fdstore, Tebing Tinggi City. The sampling technique for this research uses Accidental Sampling. The analytical method used in this research is Multiple Linear Regression Analysis and Hypothesis Testing. The results of this research are 1) Product Quality influences Purchasing Decisions, 2) Brand Image influences Purchasing Decisions, 3) Product Design influences Purchasing Decisions, 4) Product Quality, Brand Image and Product Design simultaneously influence Purchasing Decisions.

References

Agustina, E. D. (2020). Pengaruh Life Style, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian iPhone Di Ngawi. Jurnal ekomaks : Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi.

Dewi Saidatul Mukarromah, C. R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8 Ce). Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS (Edisi Semb). Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Hendro, C. R., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Diponegoro Journal of Social and Politic.

Keller, & K. (2015). Manajemen Pemasaran (jilid 1, E). Erlangga. Jakarta

Kotler & Keller. (2016). Marketing Manajemen (15th ed.).Erlangga. Jakarta

Kotler, P & K. L. K. (2017). Manajemen Pemasaran (edisi 1). Erlangga. Jakarta

Lestari, B. L. S., & Septiani, E. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Pada Mahasiswa di Universitas Mataram. Alexandria (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 2(1), 11–18.

M. utami et. al (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen Brand Appel Iphone. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 24–30.

Norbaiti, N., & Rahmi, W. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembellian Smartphone Iphone di Banjarmasin. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis.

P. kotler & gery.amstrong (2016). Prinsip Prinsip Pemasaran (jilid 1). Erlangga. Jakarta

Septiani, V. R., & Kusmayadi, O. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Scoopy (Survei Pada Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Scoopy di PD. Lima Motor Cilamaya-Karawang). Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis.

Sopiah, E. mamang sangadji. (2016). Salesmanship (kepenjualan) (cetakan pertama). Bumi Aksara, Jakarta

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka abadi. Jember

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Center for Academic Publishing Servise (CAPS). Yogyakarta

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi ofset, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran strategi edisi 3. Andi ofset, Yogyakarta.

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kalitas Jasa (edisi kedua). PT. Indeks, Jakarta

Yulivion, F. G. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone Di Kota Padang jurnal manajemen.

Sinaga, S. M. O., Purba, R. and Sari, L. M. (2024) “Pengaruh Brand Image & Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo dengan Country of Origin Sebagai Variabel Moderating ”, Digital Business Progress, 2(2), pp. 53–61. Available at: https://journal.stie-binakarya.ac.id/index.php/dbp/article/view/110 (Accessed: 6 June 2024).

Downloads

Published

2024-06-30